Monday, March 2, 2015

"Kenapa Allah Menciptakan Setan?"

Menjadi orangtua itu ternyata lebih sulit daripada menjadi mahasiswa, ya mommies! Sering kali, kita diberikan pertanyaan yang jawabannya belum ada kuliahnya...

"Ya itulah mengapa banyak buku dan ceramah agama! Makanya belajar dong, Bunda Vania!"

Hahaha... Berasa banget kalau Bunda Vania ini kurang belajar, hehehe...

Seperti yang teman-teman Vania lihat, penampilan Vania agak "beda" dari anak-anak pada umumnya. Rambutnya keriting, dan susah panjangnya. Padahal sebagai seorang anak perempuan dia ingin sekali punya rambut panjang. Bunda siasati keinginan Vania tampil feminin dengan jepit rambut dan bando aneka rupa. ^_^

Bersyukur Bunda, karena Vania anak yang ceria. Di lingkungan sekolah Vania pun, semua anak-anaknya menganggap keunikan setiap orang adalah hal yang wajar. Alhamdulillah.

Vania dengan salah satu koleksi bandonya.

Di halaman sekolah.  Rambut Vania dikuncir di atas kepala lalu semangatkan jepit rambutnya. ^_^

Seringkali Vania bertanya, "Bun, bagusan rambut lurus atau keriting sih?"

Bunda selalu menjawab, "Sama bagusnya, Vania. Semua ciptaan Allah itu indah dan bagus."

Setelahnya biasanya Vania kembali ke aktifitasnya, apapun itu. Namun tempo hari Bunda Vania disuruh mikir sama Allah kali ya. Vania bertanya, "Bun, kalau semua ciptaan Allah bagus, berarti gimana dengan setan?"

"Kenapa Allah ciptain setan Bun? Kan setan jahat? Allah baik. Tapi yang ciptain setan kan Allah juga? Kenapa Allah biarin setan jadi jahat, Bun?"

Nah loh!

Bunda Vania saat ditanya seperti itu, belum siap. Jadi jawabnya seadanya, yaitu "Setan itu dulunya patuh sama Allah. Tapi karena dia sendiri sombong dan nggak mau nurut lagi sama Allah, makanya setan durhaka dan pasti akan masuk neraka. Makanya Vania jangan mau ikutin ajakan setan yah! Setan itu ada untuk menguji manusia. Kalau manusia yang lulus ujian dari godaan setan, pasti Allah kasih pahala yang banyak sekali..."

Sebenarnya... Setelah itu seingat Bunda, Vania masih bertanya lagi, tapi Bunda lupa apa. Saking, Bundanya sendiri juga mikir... Iyaya... Kenapa setan harus ada di dunia ini?


Jujur aja, mommies... Pertanyaan seperti ini bisa menjerumuskan manusia ke pikiran negatif kepada Allah.... Dan bukan cuma Vania yang butuh jawaban, tapi Bunda Vania pun butuh paham...

Tapi Bunda Vania harus memahami prinsip utama disini, yaitu tidak semua hal dapat dipahami manusia, terlebih yang ghaib. Dan itupun yang Bunda sampaikan pada akhirnya kepada Vania, bahwa "manusia kadang nggak ngerti jawabannya kalau bukan Allah yang kasih ilmu. Hal-hal yang ghaib yang nggak kelihatan, biasanya biar menjadi rahasia Allah. Kita percaya saja apa yang tertulis dalam Al-Qur'an. Vania dan Bunda nggak mampu mempelajari semua rahasia Allah..."

Salah satu yang saya coba pakai supaya Vania lebih mengenal Tuhannya adalah buku Asmaul Husna For Kids. Di dalamnya ada cerita-cerita pendek yang membantu anak memahami sifat-sifat Allah SWT. Di antara yang saya pakai untuk memahami pertanyaan di atas adalah Al-Hakiim, yaitu Allah yang Maha Bijaksana. Allah akan memberi kasih sayang lebih kepada hambaNya yang nurut sama Allah, bukan sama setan.



Jujur, Bunda Vania masih harus banyak belajar. Dan pertanyaan seperti ini pastinya sudah ditanyakan oleh jutaan manusia. Untuk catatan Bunda Vania sendiri, ada beberapa jawaban yang cukup mewakili disini, disini dan disini.

Untuk sahabat Vania disini yang memiliki masukan untuk kami, you'd be very much welcome!

5 comments:

  1. Bukunya beli dimana tuh bun ? Vania pertanyaannya susah banget nih, aku juga susah untuk jelasin seandainya di tanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak aku jg masih belajar nih.. kayaknya kudu nanya ustad yah... ohya, buku asmaul husna for kids aku beli di menara esq 165 mbak wkt ada pameran..

      Delete
  2. Rambut Vania keren deh...nggak semua anak perempuan punya rambut kriwil-kriwil cantik kayak begitu, Vania...agak kemerahan pula, ih, ngegemesin lah pokoknya!
    Oya, setan itu ada kenapa ya?
    Mungkin buat menguji keyakinan kita terhadap Tuhan.
    Atau buat keseimbangan dalam kehidupan.
    Ada yang bagus, ada yang jelek. Ada siang, ada malam. Ada yang baik, ada pula yang jahat.
    Kalau Vania bisa terus menjadi anak yang baik, setan itu pasti jauh dari Vania.
    Selamat belajar ya...peluk sayang dari tante Irma :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah makasih untuk penjelasannya, tante Irma.. ^_^
      (y)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke blog Vania ^_^